Langkah Penting Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Saturday, September 17th 2016.

Setiap Wanita, memiliki organ intim yang sehat dan segar tentu sangat penting. Dengan kondisi seperti ini, aktivitas yang dilakukan dapat berjalan dengan nyaman. Beda halnya ketika organ intim wanita mengalami keputihan, gatal, ataupun bau tidak sedap. Ini dapat menyebabkan kepercayaan diri menurun dan aktivitas pun menjadi terhambat, bisa juga mengganggu hubungan antara sesama pasangan itu sendiri.

Suatu hal yang wajar untuk organ intim Anda mengeluarkan aroma tertentu, jadi jangan mengkhawatirkannya secara berlebihan. Hanya saja, perlu perhatian khusus jika organ intim Anda itu mulai mengeluarkan aroma tajam atau amis, flek secara tidak normal, timbul gejala gatal dan rasa panas, serta menunjukkan tanda-tanda iritasi. Jika ini terjadi, dianjurkan untuk segera konsultasi dengan dokter atau merawat secara khusus organ intim Anda dengan produk herbal seperti Crystal X atau Viex V yang sudah terpercaya dan aman dipakai tanpa adanya efek samping.

perawatan-organ-intim-wanita2

 

Mengapa Organ Intim Anda Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap ?

Aroma tidak sedap yang dikeluarkan oleh organ intim biasanya disebabkan karena kondisinya yang lembab, seperti tubuh yang berkeringat. Siklus menstruasi dan aktivitas intimual juga dapat membuat organ intim mengeluarkan aroma yang berbeda dari biasanya.

Tinggal di daerah yang panas membuat kita juga sering berkeringat. Keringat ini membuat tubuh kita menjadi lembab, terutama pada bagian organ seksual dan reproduksi yang tertutup dan berlipat. Akibatnya bakteri akan mudah berkembang biak dan ekosistem di organ intim terganggu, sehingga menimbulkan bau tak sedap dan infeksi.

Tidak hanya pada saat kondisi lembab, infeksi juga dapat menyebabkan aroma yang tidak sedap. Pada dasarnya, organ intim mengeluarkan lendir untuk menjaga tingkat pH organ intim tetap seimbang sehingga bakter-bakteri baik bisa berkembang biak dan mencegah terjadinya infeksi. Jika tingkat pH tersebut tidak seimbang, maka organ intim berisiko terserang infeksi.

Untuk itulah kita perlu menjaga keseimbangan ekosistem organ intim yang dipengaruhi 2 faktor utama, yaitu Esterogen dan Laktobasilus (bakteri baik). Jika keseimbangan ini terganggu, bakteri Laktobasilus akan mati dan bakteri Pathogen akan tumbuh. Sehingga tubuh akan rentan terhadap infeksi.

Bacterial Vaginosis merupakan salah satu infeksi yang disebabkan ketika pertumbuhan bakteri di dalam organ intim jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi biasa, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Trichomoniasis juga menjadi salah satu penyebab organ intim mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Trichomoniasis merupakan penyakit menular yang menimbulkan rasa tidak nyaman berupa gatal atau perih dan cairan berbau tidak sedap dari bagian intim. Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita, tetapi lebih rentan bagi wanita untuk tertular. Penyakit ini terjadi pada umumnya ketika wanita dan pria melakukan hubungan intimual yang disebabkan oleh adanya parasit Trichomonas Vaginalis (TV).

Hal yang lebih umum dalam menyebabkan aroma tidak sedap keluar dari organ intim  yaitu kurangnya kebersihan pada organ intim. Oleh karena itu, penting bagi setiap wanita untuk dapat menjaga kesehatan organ intim.

 

Kenali Jenis Aroma Tidak Sedap dari Organ Intim Anda

Berikut ini merupakan beberapa jenis aroma tidak sedap yang muncul pada organ intim yang perlu Anda ketahui :

  • Aroma Seperti Roti

Disebabkan karena adanya jamur dalam jumlah sedikit pada mulut dan saluran dalam pencernaan. Akibatnya cairan pada organ intim akan seperti keju dan kental. Aroma tersebut dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi obat anti jamur.

  • Aroma Seperti Bawang

Aroma yang timbul ketika banyaknya konsumsi pada bawang merah atau bawang putih, aroma ini dapat dikeluarkan oleh urine ataupun cairan dari organ intim itu sendiri. Namun setelah 24 – 48 jam aroma tersebut dapat kembali normal. Cara terbaik untuk menghilangkan aroma bawang pada organ intim adalah dengan membasuh menggunakan air dan sabun.

  • Aroma Asam

Dapat disebabkan karena adanya Trichomoniasis. Aroma ini dapat dihilangkan dengan penggunaan antibiotik yang mengandung bahan yang ampuh.

perawatan-organ-intim-wanita4

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Aroma Tidak Sedap

Agar organ intim selalu harum, Anda bisa melakukan cara tradisional untuk menghilangkan aroma-aroma tidak sedap pada organ intim dengan menggunakan tumbuhan herbal yang mudah di dapat dan ditemui dimana saja, antara lain :

  • Daun Pandan

Daun pandan tidak hanya dikenal untuk memberi aroma yang sedap  dalam pembuatan kue ataupun digunakan dalam masakan tetapi daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap alami pada organ intim. Daun pandan memiliki kandungan eugenol dan minyak atsiri yang mampu untuk membunuh kuman yang penjadi penyebab aroma tidak sedap pada organ intim. Dianjurkan agar daun pandan ini dikonsumsi sebagai minuman bukan sebagai bahan sabun antiseptik yang langsung di basuh pada organ intim.

  • Daun Kemangi

Salah satu daun yang juga memiliki kandungan eugenol adalah daun kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan yang sama dengan daun pandan, dengan adanya eugenol dan minyak atsiri daun ini dapat membantu untuk mengharumkan aroma pada organ intim. Daun ini dapat digunakan sebagai alternative dari menggunakan daun pandan dan dianjurkan agar penggunaan daun ini dengan cara mengkonsumsinya seperti halnya lalapan atau diubah menjadi suatu minuman.

  • Daun Sirih

Sama seperti halnya daun pandan dan daun kemangi, daun sirih ini tidak hanya memiliki kandungan eugenol dan minyak atsiri tetapi juga zat antiseptik yang dapat digunakan untuk membunuh kuman-kuman. Untuk mengolah daun sirih ini sebagai pengharum organ intim Anda dengan mencuci bersih 5 – 10 lembar daun sirih kemudian di rebus menggunakan panci berisi 350 cc air hingga tersisa setengah panci.

Setelah itu dinginkan lalu basuhlah organ intim setiap pagi dan sebelum tidur. Dengan rutin melakukan ini, organ intim Anda menjadi wangi dan kesat. Hal ini dapat dilakukan 3 kali seminggu jika organ intim tidak lagi mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

perawatan-organ-intim-wanita3

Langkah-langkah Merawat Organ Intim

Beberapa langkah berikut ini dapat menjadi cara untuk merawat atau pun menjaga kesehatan organ intim secara alami :

  • DIET SEHAT. Diet bergizi dan mengontrol asupan cairan bermanfaat untuk kesehatan organ intim dan reproduksi. Makanan tertentu seperti jus cranberry dan yoghurt bisa mencegah infeksi pada organ intim atau membantu pengobatannya.
  • CUCI ORGAN INTIM DENGAN LEMBUT. Cuci dengan sabut dan air hangat secara lembut untuk membersihkan “bagian-bagian pribadi”. Jika ingin menggunakan pembersih bilas dengan lembut, campur air dengan sabun. Namun, jangan melakukan scrubbing. Organ intim perempuan adalah daerah sensitive dan harus dirawat dengan lembut. Selain itu, hindari deodorant, bedak, atau tisu yang dirancang untuk menyegarkan organ intim karena ini bisa menyebabkan iritasi dan rasa terbakar.
  • SABUN KHUSUS. Saat ini sudah tersedia sabun khusus untuk merawat dan menyembuhkan berbagai permasalahan organ intim, seperti Crystal X atau Viex V yang sudah terdaftar di BPOM dan Halal MUI. Mencegah masalah keputihan, bau yang kurang sedap, mencegah kanker, mengencangkan otot vagina, mengatasi masalah haid dan berbagai manfaat lainnya.
  • USAP SECARA MENYELURUH. Ketika membersihkan organ intim, lakukan dengan hati-hati. Selalu bersihkan dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri dari anus ke daerah organ intim yang dapat memicu infeksi.
  • MENJAGA KEBERSIHAN. Pembalut dan tampon harus sering diganti selama masa menstruasi. Hindari menggunakan panty liner terlalu lama dan sering ketika tidak menstruasi karena akan membuat daerah intim lembab dan hangat sehingga bisa menyebabkan infeksi.
  • CARA MENGERINGKAN. Mengeringkan sama dengan membersihkan. Apalagi bakteri berkembang di lingkungan yang lembab. Gunakan handuk bersih dan tepuk-tepuk di daerah organ intim hingga kering setelah mandi atau ke toilet.
  • RAPIKAN RAMBUT ATAU BULU YANG TUMBUH. Jangan biarkan tumbuh lebat sebab bisa menjadi perangkap keringat dan cairan tubuh yang menyebabkan bau apek. Sering-seringlah bercukur, tetapi lakukan dengan hati-hati jangan sampai terluka.
  • PILIH PAKAIAN YANG BENAR. Ganti pakaian dalam Anda sehari-hari dan tetaplah menggunakan celana katun karena lebih bersih, ringan, nyaman dan memungkinkan kulit “bernapas”. Celana dalam berbahan sutera atau sintetik bisa menyebabkan organ intim berkeringat, meningkatkan bakteri yang akhirnya menimbulkan bau.

 

Cara Membersihkan Organ Intim Setelah Berhubungan Intim

Organ intim yang mengeluarkan aroma tertentu setelah selesai berhubungan intim bukan merupakan hal yang aneh, terutama jika pasangan tidak menggunakan pengaman atau kondom. Tingkat pH organ intim yang berubah akibat sperma dan cairan lain yang keluar pada saat berhubungan intim dapat mempengaruhi aroma pada organ intim Anda.

Berikut beberapa langkah sederhana untuk mencegah munculnya aroma tidak sedap setelah melakukan hubungan intim :

  • Basuh organ intim Anda dengan air hangat setelah selesai berhubungan intim. Lakukan secara perlahan-lahan dan bisa ditambahkan dengan menggunakan sabun.
  • Cobalah untuk membuang air kecil setelah berhubungan intim, dengan membuang air kecil dapat berguna untuk menghilangkan mikroba dari anus atau organ intim yang mungkin masuk ke dalam saluran kemih saat berhubungan intim.

Produk terbaru

Rp 175.000 195.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCream HN Platinum
Harga Rp 175.000 195.000
Anda HematRp 20.000 (10.26%)
Lihat Detail
Rp 145.000 195.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangWink White Body Lotion
Harga Rp 145.000 195.000
Anda HematRp 50.000 (25.64%)
Lihat Detail
Rp 77.000 90.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMedicine Box 21 Grid
Harga Rp 77.000 90.000
Anda HematRp 13.000 (14.44%)
Lihat Detail
Rp 59.000 70.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDual Bag in Bag
Harga Rp 59.000 70.000
Anda HematRp 11.000 (15.71%)
Lihat Detail
Rp 50.000 65.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHanasui Body Care 3 in 1
Harga Rp 50.000 65.000
Anda HematRp 15.000 (23.08%)
Lihat Detail
Rp 145.000 170.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPayung Kazbrella
Harga Rp 145.000 170.000
Anda HematRp 25.000 (14.71%)
Lihat Detail
Rp 30.000 35.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSerum Vitamin C
Harga Rp 30.000 35.000
Anda HematRp 5.000 (14.29%)
Lihat Detail
Rp 25.000 30.000
Order Sekarang » SMS : 081299135999 / 081295129777
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMasker Roro Mendut Kulit Manggis
Harga Rp 25.000 30.000
Anda HematRp 5.000 (16.67%)
Lihat Detail